Senin, 25 September 2017

Kopi Gigit

Kopi gigit adalah minuman asli khas Magetan umumnya, yang hampir punah keberadaannya. Kopi gigit adalah cara penyajian minuman kopi tubruk (kopi sangrai yang ditumbuk tidak halus dan tanpa pengayakan dengan testur kasar) tanpa dicampur gula. Sebagai pelengkapnya, gula disajikan di samping cangkir dalam bentuk gula kelapa atau gula aren.

Kalau kita pergi ke Magetan khususnya di pedesaan di maospati, akan dijumpai warung-warung kopi khas desa. Ada yang menarik disini walapun hampir punah, yaitu kopi gigit.
Cara minum kopi ini sangat khas yaitu kita gigit dulu gula kelapa atau gula aren lalu kita seruput kopi dicangkir. KopiSangrai.com pernah dan sering di masa lalu pergi ke warung Bu Kati di pinggir sawah di desa kraton, maospati, magetan, hanya sekedar menikmati kekhasan kopi gigit. Ada pula di Karangmojo di desa panggung, juga di pinggir sawah yang menyajikan kopi ini. Kopi ini tambah nikmat bilamana dibarengi dengan sajian ubi bakar atau singkong bakar.
Keberadaan warung-warung kopi yang menyajikan kopi gigit saat ini hampir punah, kalah sama kopi-kopi instan. Hanya ada beberapa warung saja yang masih menyajikan kopi gigit ini. Inipun kalau kita yang minta baru disediakan. Jadi buat kalian yang ingin bepergian ke Magetan jangan lupa buat nyobain kopi khas Magetan ini.

0 komentar:

Posting Komentar